Sub Judul Adalah Jiwa Suatu Artikel, Berikut Manfaatnya

Sub Judul Adalah Jiwa Suatu Artikel, Berikut Manfaatnya

Sub Judul adalah jiwa suatu artikel? Pernyataan tersebut memang terkesan mengada-ngada dan dibesar-besarkan. Namun nyatanya, hal tersebut memang demikian. Sekarang, coba lihat artikel yang dipublikasikan oleh situs-situs besar di internet. Kebanyakan pasti menggunakan sub judul atau subheading di bagian tengahnya.

Itu saja sudah memperjelas seberapa pentingnya sub judul ini. Penulis adalah sosok berpengalaman. Tidak mungkin mereka menambahkan hal tidak penting pada artikel yang dibuat. Yang jadi masalah, apa sih manfaatnya? Sebelum beranjak kesana, mari ketahui dulu pengertian dari sub judul itu sendiri.

Pengertian dari Sub Judul

Sub judul adalah judul kedua yang berada di dalam artikel. Setiap orang pasti mengetahui jika judul dari suatu artikel mewakili keseluruhan isi artikel. Hal ini tidak berlaku bagi sub judul. Sub judul ini hanya mewakili beberapa paragraf dari isi artikel agar pembaca memahami apa informasi yang akan di dapat pada paragraf selanjutnya.

Setelah memahami bahwa sub judul adalah penjelas paragraf dalam artikel, bayangkan sebuah artikel tanpa sub judul. Kesan yang dihasilkan pasti terkesan rumit sehingga pembaca pun akan kesulitan menemukan info yang mereka cari. Ingat, terdapat beberapa pembaca yang hanya membutuhkan sebagian info dari suatu artikel dan sub judul sangat mempermudahnya.

Simbol dari sub judul di dunia penulisan sendiri berbeda-beda. Jika judul utama sering disimbolkan dengan huruf h yang berasal dari kata heading, sub judul sering disimbolkan dengan h1, h2, h3 dan seterusnya.

Angka dibelakangnya sendiri memang perlu bertambah karena jumlah sub judul tidaklah satu dan sering kali lebih dari dua dalam setiap artikel.
Manfaat Sub Judul Untuk SEO

Dengan ini dapat diartikan bahwa sub judul adalah navigasi yang ditempatkan dalam artikel. Karena memiliki kemampuan itu, sub judul pun mampu menekan seo artikel. Hal ini pun bisa dijelaskan secara mudah menurut logika masing-masing. Ingat, mesin pencari pasti mendahulukan artikel yang nyaman ketika dibaca.

Untuk itu, google, bing, dan mesin pencari sejenisnya pasti menjadikan sub judul sebagai syarat mutlak. Hal ini berhubungan dengan fungsi sub judul sebagai penunjuk arah. Dengan adanya penunjuk arah, pembaca akan kembali datang dan membaca artikel lain yang diposting.

Oleh sebab itu, mesin pencari pun akan memberikan kepercayaan lebih jika dibanding artikel tanpa navigasi.

Tidak berhenti sampai disitu, terdapat trik lain pada sub judul yang bisa menekan seo artikel. Trik tersebut dengan menempatkan keyword dalam sub judul. Namun selalu ingat kualitas artikel itu sendiri. Dalam beberapa kesempatan, sering kali keyword yang ditempatkan pada sub judul terkesan memaksakan.

Menambahkan Sub Judul Tidaklah Sulit

Untuk anda yang belum terbiasa menambahkan sub judul dalam artikel, tidak perlu merasa takut karena belum terbiasa. Menambahkan ini dalam artikel sebenarnya sangat mudah. Anggap saja sedang membuat judul untuk beberapa paragraf yang ada dalam artikel. Jadi, tidak perlu merasa takut akan terdapat kesalahan atau mendapat kesan yang kurang baik dari pembaca. Cukup tambahkan dan segalanya akan tetap normal.

Dengan apa yang dijelaskan di atas, selalu pastikan setiap artikel yang dibuat mengandung sub judul di dalamnya. Ingat, seorang penulis artikel selalu berusaha membuat artikel yang informatif dan SEO Friendly. Dapat dikatakan, sub judul ini mewakili keduanya. Dengan itu, rasanya tidak ada alasan untuk tidak menambah sub judul dalam artikel. Jadi, selalu ingat bahwa sub judul adalah jiwa suatu artikel.

Tips Menulis